Thursday 5 September 2013

papan project board

 
project board / bread board adalah papan yang di gunakan untuk merangkai komponen agar bisa menjadi rangkaian yang sempurna . kegunaan papan ini yaitu sangat lah mudah dan praktis , kita tidak harus susah susah mencari jalur dengan lay out atau pun mengebornya lain halnya dengan papan pcb . kita hanya mencolok komponen


di lobang kotak kotak kecil yang ada di project board tersebut . buat kalian yang masih belum tahu cara merangkainya , disini saya akan menjelaskan cara merangkai di papan project board . kita mulai dari yang mudah terlebih dahulu .

pertama kita harus mengetahui jalur nya atau saya biasa menyebut arusnya .



gambar ini menunjukan mana jalur yang nyambung dan jalur yang terputus






dari gambar diatas kita bisa lihat bahwa project board mempunyai jalur tersendiri untuk menghubungkan nya . kalau perlu kalian ukur aja sendiri dengan avo meter dengan memutar avo meter ke lambang ohm lalu colok satu lobang dengan  pengukur  yang positif dan negatif juga anda colok dengan lobang yang lain  . terserah lobangnya yang mana aja asal jangan lobang perawan wkwkwk.
 jika jarum yang ada di avo tidak bergerak berarti jalurnya tidak nyambung . tapi apa bila jarum di avo bergerak itu tandanya jalurnya nyambung . tinggal anda memainkan logika anda saja untuk menjadikan rangkaian listrik .
 
sekian postingan dari saya , mudah mudahan bermanfaat buat anda . :) TEM 2012 



No comments: