Thursday 13 November 2014

Membangun Karakter Mahasiswa Elektromedik Yang Berintelektual Dan Profesional

untuk membangun sebuah karakter elektromedis didalam diri seseorang hendaknya kita haruslah tau pengertian karakter building itu apa . dan apa faktor faktor yang membuat karakter itu terbentuk . jadi pertama tama saya akan menjelaskan ttg pengertian karakter building  .

 

1. pengertian karakter building 

 

Pengertian karakter Building dalam segi bahasa, karakter Building atau membangun karakter terdiri dari 2 suku kata yaitu membangun (to build) dan karakter (character) artinya membangun yang mempunyai sifat memperbaiki, membina, mendirikan. Sedangkan karakter adalah tabiat, watak, aklak atau budi pekerti yang membedakan seserang dari yang lain. Dalam konteks pendidikan (Modul Diklat LAN RI) pengertian Membangun Karekter (character building) adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai pancasila.


jadi menurut saya pribadi karakter building adalah suatu proses yang terus menerus dilakukan untuk membentuk, tabiat, watak dan sifat sifat kejiwaan yang berlandaskan kepada semangat pengabdian dan kebersamaan dibidang hal yang positif serta berguna bagi orang banyak terutama orangtua / keluarga , agama dan nusa dan bangsa .


1.a definisi membangun karakter building mahasiswa elektromedik


dari pengertian karakter building diatas , saya dapat memberikan definisi antara karakter building dan elektromedik . apabila kedua definisi tersebut digabungkan akan membentuk kata KARAKTER BUILDING ELEKTROMEDIK atau MEMBANGUN KARAKTER ELEKTROMEDIK . 

membangun karakter elektromedik yaitu suatu proses yang dilakukan untuk menjadi tenaga ahli yang mampu membentuk, tabiat, watak dan sifat sifat kejiwaan yang berlandaskan kepada semangat pengabdian dan kebersamaan dibidang hal yang positif serta berguna bagi orang banyak terutama orangtua / keluarga , agama, nusa , bangsa dan dibidang elektromedik baik kerja perseorangan maupun berkelompok serta mempunyai peranan khusus dalam perancangan , pengadaan , konstruksi design dibidang kesehatan dan mempunyai kompetensi dibidang penggunaan , perbaikan , perawatan , maintenance , dan pemeliharaan dibidang alat alat medis maupun non medis .

disamping itu , untuk membangun karakter elektromedik dibutuhkan softskill dan hardskill yang baik dan bagus . tujuannya agar karakter elektromedik yang akan dibangun bisa benar benar menjadi bermanfaat untuk semua orang . adapun softskill dan hardskill menurut saya yaitu :

softskill  : keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain.

- integritas
- tanggung jawab
- motivasi
- berkomitmen
- tangguh
- berpengetahuan luas
- kerjasama dalam kelompok
- berargumen logis
- realistis
- jujur
- mempunyai etika
- mau belajar dan lain lain

hardskill : merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sementara itu, soft skills adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.


- Mampu melaksanakan perencanaan , pengadaan , serta kompetensi dibidang elektromedis .
- Mampu melakukan perbaikan , perawatan , serta maintenance dibidang elektromedis
- Memiliki pengetahuan dasar yang baik
- Berwawasan luas
- Pengembangan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan



1.b beberapa faktor yang mendukung kelangsungan dalam membentuk karakter elektromedik 

Karakter elektro medik merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pengembangan kualitas manusia dibidang medik . maka karakter mempunyai makna sebuah nilai yang mendasar untuk mempengaruhi segenap pikiran, tindakan dan perbuatan setiap insan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini adapun nilai-nilai dalam pembangunan karakter elektro medik yang dimaksud adalah

- Kejuangan
- Semangat
- Kebersamaan atau Gotong Royong
- Kepedulian atau Solider
- Sopan Santun
- Persatuan dan Kesatuan
- Kekeluargaan
- Tanggung jawab

- Tidak mudah menyerah
- Disiplin
- Mampu melakukan kompetensi dibidang elektromedik

Nilai-nilai seperti tersebut apabila dilihat lebih cermat dalam kondisi saat ini nampaknya cenderung semakin luntur hal ini dilihat semakin jelas contoh diantaranya makin maraknya tawuran antar mahasiswa , kerusuhan dalam demo mahasiswa , konflik antar masyarakat, maraknya korupsi di lingkungan pemerintah dan lain sebagainya. Kondisi yang seharusnya tetap dijaga dan dilestarikan sebagai wujud untuk meningkatkan rasa kepedulian, kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara haus tetap di jaga dan dilestarikan.

Untuk itu faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam rangka menjaga nilai-nilai dalam karakter tersebut adalah: 

- Keluarga
- Ideologi
- Politik
- Ekonomi
- Sosial Budaya
- Agama
- Normatif
- Pendidikan

- Dosen
- Lingkungan
- Kepemimpinan


II. Character Building dalam Rangka Membangun Karakter elektromedik yang berintelektual dan profesional

Berdasarkan uraian yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu faktor-faktor yang membangun karakter elektromedik adalah pendidikan, dosen , serta lingkungan . baik lingkungan dalam kampus maupun luar kampus .  untuk itu dalam rangka membangun karakter elektromedik yang berintelektual dan profesional suatu bangsa salah satunya adalah melalui pendidikan karakter , dosen pengajar yang mampu dibidangnya serta lingkungan yang ada disekitar . Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
- kekuatan spiritual keagamaan
- pengendalian diri
- kepribadian
- kecerdasan
- akhlak mulia
- keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara terutama dibidang medis .
- kemampuan untuk melakukan kompetensi dibidang elektro medis . 
- berkemauan keras

Sedangkan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Pembentukan Character elektromedik didapatkan dan di implementasikan melalui :
- Lingkungan Keluarga ( Home )
- Lingkungan Kampus ( Colege )
- Lingkungan Luar kampus ( Out Colege  )
- Lingkungan Kerabat atau Pergaulan ( Community )
- Lingkungan Rumah Sakit ( Hospital )
- Lingkungan Kerja Kantor ( Bussines )

Dan Karakter Seseorang elektromedik DAPAT di bangun JIKA kitd membiasakan UNTUK bersifat

-Kejujuran                                                                                    
-Kewarganegaraan
-Keberanian
-Keadilan
-Menghormati
-Tanggung Jawab
-Ketekunan
-Merawat
-Disiplin Diri

-Tidak mudah menyerah
-Kemauan untuk belajar

kesimpulan

jadi , tujuan dari pembangunan karakter elektromedik adalah untuk mengembangkan karakter elektromedik bangsa agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila ,  mampu melakukan kompetensi serta prosedur dibidang alat alat medis maupun non medis dan bertanggung jawab .

Pembangunan karakter elektromedik ini berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar agar mampu melakukan kompetensi serta prosedur dibidang elektromedik , bertanggung jawab , mampu bekerja kelompok maupun perseorangan , berpikiran baik, dan berperilaku baik; memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik; serta menyaring budaya yang kurang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila dan agam . Ruang lingkup pembangunan karakter ini mencakup keluarga, satuan pendidikan (lingkungan kampus), masyarakat sipil, masyarakat politik, pemerintah , dunia kesehatan , dunia usaha , dan media massa .




pembuat postingan :

NAMA : MUHAMMAD MAKHLUF
NPM : P2.31.38.012.029
NAMA : MUCH ADI SUGALIH
NPM : P2.31.38.012.026
MAHASISWA TEM ANGKATAN 2012
DOSEN :TRI ARWAN SAMSUHADI , Ssos,MBA


No comments: